Saturday 9 May 2015

Membuat kompos sederhana

Hy teman2..kali ini kita akan membahas cara membuat kompos sederhana..tp untuk sekala yg lebih besar ini bisa jg dpakai lho..okeh lngaung sajah yaa..

Siapkan peralatan seperti karung bekas gula (karena karung ini dapat menahan air agar tidak kluar)..air..gula merah secukupnya..bekatul atau dedak..dedaunan dan pukan baik sapi maupun kambing dan microba pembantu biasanya sy menggunakan em4..oke kita mulai yaa..

1. Rebus gula merah smpai mencair ini dgunakan untuk bahan makanan si microba agar tidak mati..

2. Campurkan dedaunan dan pukan secara merata..

3. Stelah air rebusan gula merah sudah dingin kemudian cmpurkan em4 nya..ingat smpai dingin ya soalnya kl panas nanti microba dalam em4 matekk hee..

4. Siapkan karung dan masukan pukan yg telah dcampur siram campura  em4 secara merata dan setiap 20cm ktinggian dicampurkan dedak atau bekatul d atas nya begotu seterusnya sampai penuh karung dan kemudian dtutup karungnya..

Tunggu smpai 15 hari biasanya kalau berhasil media pasti akan terasa hangat dan panas ini berarti microba sedang melangsungkan pembuatan komposnya kemudian dbalik karung nya dbiarkan 15hari lagi dan kemudian taraaa jadi deh pupuk komposnya..kelebihan pupuk kompos ini jelas murah hee dan yg paling utama biasanya biji2 rumput akan mati dan tidak akan tumbuh di media..oke sekian dlu kawan2 selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment