Saturday 9 May 2015

Sub Irrigated Planter (SIP) tampa disiram hemat air dan waktu

Kali ini kita akan membahas gimana caranya tanaman ga disiram tiap hari..ketara malesnya yaa hehe..sebenarnya si buat yg sbuk dengan kegiatan sehari2 atau karena cuaca panas..okeh langsung saja yaa..siapkan alat2...

1. Water Reservoir
Tempat cadangan air

2. Filler Tube
Untuk mengisi air

3. Overflow Hole
Lubang pengeluaran air, bila tempat air sudah penuh, maka air akan keluar dari lubang dan itu tanda untuk menghentikan pengisian air. Air yang terbuang dapat dihemat sesedikit mungkin. Selain itu akar tanaman tidak akan pernah terendam air karena terlalu banyak menyiram.

4. Wicking Basket
Berfungsi sebagai sumbu kapiler untuk menyampaikan air ke akar tanaman.

5. Air Gap
Menyediakan tempat pertukaran udara untuk aerasi, sehingga akar tidak kekurangan oksigen.

6. Aeration Bench
Kerangka/lapisan berpori yang memisahkan Potting Mix dengan Reservoir. Biasanya terbuat dari lembar plastik yang dilubangi.

7. Potting Mix
Media tanam yang digunakan dalam SIP tidak dapat menggunakan tanah biasa. Media tanam harus memiliki daya kapiler yang baik. Di luar negeri kebanyakan menggunakan campuran Sphagnum Moss serta Vermiculite. Untuk wilayah kita dapat disubstitusi dengan sekam bakar atau cocopeat. Diskusi tentang RESEP media tanam yang cocok dengan sumber daya yang ada di Indonesia sepertinya akan sangat membantu.



Oya teman ini bukan produk hasilku sendiri lho ini dari grup tanaman dari facebook..atau kalau teman2 mau tw lebih jelas bisa cari d google.com atau dari forumtanaman difacebook.com atau bisa juga disini https://m.facebook.com/ronaldpradipta/albums/1940949056019/?ref=bookmark .

No comments:

Post a Comment